Air Panas Semurup, Tempat Pemandian Air Hangat Alami

Air Panas Semurup

Keterangan Gambar : Foto By: Jet Herwanto



Robi Rusman | 2017-12-22, 18:30:34 WIB | 337 Views

Bukan hanya kaya akan air terjun, danau maupun gunung tapi di Kerinci juga banyak terdapat air panas yang merupakan destinasi yang harus dikunjungi, salah satunya adalah Air Panas Semurup yang tepatnya berada di Desa Air Panas Baru, Kecamatan Air Hangat Timur. Sumber Air Panas Semurup ini memiliki luas 76 m2. Air Panas yang keluar dari perut bumi merupakan sumber mata air panas alami dari kegiatan vulkanik dan sering mengeluarkan uap panas yang berbau belerang. Suhu mencapai sekitar 85 derajat celsius. Sebelum gempa bumi tahun 1995 lalu di Kerinci suhu air ini lebih dari 100 derajat celsius. Ketika tiba di tempat ini kita bisa melihat asap mengepul tinggi di mata air panas, selain itu juga bisa merebus telur atau pun pisang di sumber Air.

Cerita Rakyat

Menurut masyarakat setempat sumber Air Panas Semurup sering dijadikan tempat orang bunuh diri. Sudah banyak orang yang mengakhiri hidupnya di sumber air panas tersebut. Setiap orang yang bunuh diri yang tinggal hanya sobekan kain. Masyarakat setempat mengatakan bahwa jika pergi ke sumber Air Panas jangan ada niat sedikit pun untuk bunuh diri, karena sumber air panas tersebut seperti memanggil-mangil jiwa yang berniat akan bunuh diri. Menurut masyarakat setempat sumber Air Panas ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Masyarakat setempat pun mengatakan bahwa sempat dimanfaatkan oleh tentara Belanda untuk tempat pemandian. Beberapa kamar mandi di tempat ini pun merupakan bekas peninggalan Belanda, dan hanya atap bangunan saja yang diubah.

Fasilitas

Di sekitar lokasi terdapat fasilitas yang dapat digunakan wisatawan yaitu seperti kamar mandi, dan pondok-pondok tempat berteduh. Untuk menyewa kamar mandi wisatawan hanya dikenakan biaya tiga ribu rupiah. Setelah bayar sewa pengunjung bisa mandi sepuasnya.

Akses

Air Pangat Semurup dapat dicapai melalui jalur darat sekitar 9 Km dari Kota sungai penuh. Semua penduduk Kerinci - Sungai Penuh pada umumnya mengetahui tempat ini, jika anda baru pertama kali ke Kerinci / Sungai Penuh dan ingin mengunjungi Air Panas Semurup mungkin bisa bertanya kepada penduduk setempat. Di Semurup kita juga bisa menikmati makanan khas asli buatan Penduduk Semurup yang hanya ada di Kerinci dengan hasil olahan bahan baku dari tanah Kerinci itu sendiri, yang lebih menariknya lagi hasil rebusan telur/pisang dari sumber air panas Semurup sangat berbeda rasanya dan lebih enak daripada hasil rebusan di rumah.



  Post Terkait


Rawa Bento

Rawa Bento

Jangan lupa mampir di Rawa Bento kalau ke...

Kebun Teh Kayu Aro

Kebun Teh Kayu Aro

Layak Karpet Hijau yang terbentang di kaki Gunung...

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh, Pesona Keindahan di Danau...

Talang Kemulun

Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun merupakan objek wisata...

Gambaran Umum Kerinci

Gambaran Umum Kerinci

Kabupaten kerinci adalah wilayah yang paling...

Kerinci Valley

Kerinci Valley

Kerinci is a stunning mountain valley tucked away...

Leave comment







kami pasti memberikan pelayanan yang terbaik