Robi Rusman | 2017-12-16, 21:27:08 WIB | 276 Views

Kerinci mengandung pengertian kata ganda atau dua kata yaitu 'Kerin' dan 'Ci'. Diambil dari bahasa Sanskerta, Kata 'Krin' atau 'Khin' berarti hulu, sedangkan kata 'Ci' atau 'Cai' berarti sungai, jadi 'Krinci' atau 'Kerinci' berarti 'Hulu Sungai'. Kerinci adalah hulu sungai, ini logis karena hulu sungai tempatnya di dataran tinggi pegunungan. Kerinci atau Kurinci dari kata India (Tamil) berarti perbukitan dan daerah pegunungan, Kerinci berarti juga negeri di awang-awang, dataran tinggi pegunungan, tempat-tempat yang jauh di hulu sungai.

Jika ditinjau dari fonologi pengertian kata kerinci lebih tepat berasal dari sebutan orang india (Tamil Kuno), ini mengingat hubungan indonesia lebih dahulu berkembang dengan india dari cina. Menurut para ahli sekitar abad 2 SM kenyataan sejarah menunjukan kebudayan Tamil telah maju sebelum kedatangan bangsa Aria dari Utara, dengan adanya kerajaan bangsa Tamil (Dravida) Mahenjodaro dan Harappa Sekitar 3000 SM. Berarti juga orang Tamil dari India Selatan mengenal baik daerah Kerinci pada permulaan abad Masehi sebagai penghasil Kemenyan (Stytah Benzuin Dryand), Cempaka (Michelea Cempaka), Kayu Sigi (Pinus Strain Kerinci), dll. Kerinci yang dimaksud disini adalah daerah pegunungan sebagai hulu-hulu sungai mencakup Batang Merangin, Batang Asai, Batang Limun, Batang Tembesi, Batang Tabir, Batang Siau, Batng Bungo, Batang Tebo, Batang Alai, Batang Sangir, Lambai, Balangir dan Timbulun. Pemukiman Penduduk di daerah tersebut dinamai Malayalam, Malaiur datau Melayu, yang berarti negeri-neger diatas bukit atau gunung.

Berabad-abad kemudian kita tidak menemui keterangan tentang kerajaan di Kerinci. Berikutnya muncul Melayu pada abad ke 6 di Jambi sebagai pusat peradaban, dan seterusnya Sriwijaya tempil sebagai kekuatan maritim utama di Nusantara. Sekalipun Kerinci tidak lagi merupakan pusat melayu dan menjadi daerah pinggran dari kerajaan-kerajaan Hindhu - Budha Sumatera, sampai kepada zaman kerajaan-kerajaan islam.

 



  Post Terkait


Danau Lingkat

Danau Lingkat

Danau Lingkat Berbeda dengan Danau Kaco yang...

Danau Kaco

Danau Kaco

Jangan mati dulu sebelum datang ke Kerinci. Danau...

Tari Asyeik Kerinci

Tari Asyeik Kerinci

Tari asyeik merupakan sebuah tarian purba yang...

Gunung Kunyit

Gunung Kunyit

Salah satu hutan yang berada dalam kawasan Taman...

Kulit Manis Kerinci

Kulit Manis Kerinci

Herbal yang terpenting dan terkenal di Kerinci...

Air Panas Semurup

Air Panas Semurup

Bukan hanya kaya akan air terjun, danau maupun...

Leave comment







kami pasti memberikan pelayanan yang terbaik