Danau Gunung Tujuh, Pesona Keindahan di Danau Tertinggi

Danau Gunung Tujuh


Robi Rusman | 2018-01-23, 23:08:11 WIB | 1061 Views

Danau Gunung Tujuh, Pesona Keindahan di Danau Tertinggi di Asia Tenggara - Diketinggian ada danau, danau yang berada antara tujuh gunung yang merupakan danau yang unik, berada dalam kawasan TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat) yang merupakan danau kaldera tertinggi di asia tenggara dengan luas sekitar 12.000m2  berada pada ketinggian 1.950Mdpl.

Dinamai Danau Gunung Tujuh karena dikelilingi tujuh puncak gunung di sekitarnya. Gunung-gunung tersebut, yaitu: Gunung Hulu Tebo (2.525Mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 Mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 Mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 Mdpl), Gunung Selasih (2.230 Mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 Mdpl), dan Gunung Tujuh (2.735 Mdpl).

Danau gunung tujuh tercipta karena proses letusan gunung api. Letusan tersebut menyebabkan terbentuknya sebuah kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau.

Gunung Tujuh

Akses Ke Danau Gunung Tujuh

Perjalanan dimulai dari Kota Sungai Penuh menuju Desa Pelompek Kayu aro, membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 Jam dengan menggunakan transportasi darat. Tak kan pernah bosan, jika dibalik kejenuhan selama berkendara kita dijamu berbagai panorama nan elok. Dimanja pesona hamparan kebun teh Kayu Aro, menatap kokohnya gunung kerinci membuat galau hilang seketika.

Dari simpang pasar pelompek, sekitar 3km kita menuju Kaki gunung/Pos. diharapkan para pendaki melapor kepada petugas terlebih dahulu untuk mengisi buku tamu dan membayar retribusi sesuai yang telah ditetapkan.

Dengan cuaca yang lumayan dingin, jangan lupa ambil gambar dulu di gapura Pos Gunung Tujuh.

Gerbang Gunung Tujuh

 

Pendakian sampai ke danau gunung tujuh memerlukan waktu sekitar dua atau tiga jam, itupun tergantung pada level fisik masing-masing. Kemiringan jalur pendakian lumayan mengejutkan kira-kira 50-60 derajat, namun semua itu akan dibayar dengan pemandangan takjub yang bisa menghilang semua lelah para pendaki.

 

Hal yang dapat dinikmati di Danau Gunung Tujuh

Kawasan yang menjadi salah satu sentra keanekaragaman hayati, Danau Gunung Tujuh juga sering dikunjungi para pencinta dan peneliti flora dan fauna. Di kawasan ini hidup berbagai jenis satwa khas TNKS seperti harimau sumatera ( Panthers tigru surnatrensis ), siamang, beruang madu, babi hutan, tapir, bermacam burung, dan berbagai jenis kupu - kupu. Tumbuhan yang hidup di kawasan ini pun beragam dengan berbagai jenis anggrek alam dan bunga kantong semar.

Disamping itu wisatawan pun bisa menelusuri danau menggunakan/menyewa  perahu nelayan serta mendengarkan cerita-cerita menarik mengenai danau gunung tujuh dari nelayan.

Bukan hanya danau, disana masih banyak lagi tempat-tempat unik yang bisa dikunjungi seperti taman anggrek, pasir putih, batu masjid, tapi semua itu harus memiliki kesiapan yang amat matang dan butuh waktu berhari-hari untuk menelusuri semua yang ada disekitar danau gunung tujuh.

Danau Gunung Tujuh

Bersama William Hughes & Charlotte wallwork (Tourist from UK)

Cerita rakyat tentang Danau Gunung Tujuh

Keberadaan danau ini beriring dengan cerita legenda masyarakat setempat sebagai tempat berdiamnya kekuatan supranatural dari dua mahluk halus yang menjaganya yaitu Lbei Sakti dan Saleh Sri Menanti dengan pengikutnya yang berwujud harimau. Penuturan lain menceritakan bahwa danau ini dihuni sepasang naga. Naga jantan menghuni danau dan naga betina menghuni hulu sungainya. Masyarakat Kerinci mengenali Danau Gunung Tujuh sebagai Danau Sakti. Hal tersebut dikaitkan dengan air danau yang senantiasa bersih dimana dedaunan yang jatuh dari pohon di sekitar danau tidak nampak di airnya. Sering pula diceritakan terjadi perubahan cuaca secara tiba-tiba di danau ini. Sebagian warga sekitar menyebutnya danau ini dengan nama Danau Para Dewa yang menyimpan pesona sekaligus misteri.

Yang anehnya lagi, danau ini memang luas tapi ikan di danau berukuran kecil-kecil.

 

Tips & Trik Ke Danau Gunung Tujuh

  1. Bawalah pemandu jika belum pernah ke Danau ini sama sekali agar kita bisa dibawa menikmati hal-hal yang baru dan seru serta mendengarkan informasi menarik lainnya tentang objek wisata yang ada di kerinci.
  2. Membutuhkan stamina yang fit, karena jalur pendakian ini memiliki kemiringan yang cukup ekstrim.
  3. Bawalah tenda bagi yang ingin camping disekitar danau, jangan tenda mainan anak-anak yang mudah tembus hujan. Bawalah tenda yang memang dikhususkan untuk camping didaerah pegunungan. Lengkapi peralatan logistik seperti kompor, yang pastinya sesuai kebutuhan masing-masing para pendaki.
  4. Bawalah baju hangat (Jacket), sleeping Bag, karena disini cuacanya amat dingin. Optional: perlengkapan mandi lebih baik tidak dilupakan.
  5. Dari Pos Gunung Tujuh, bawalah nasi untuk berjaga-jaga jika stamina habis terkuras.
  6. Lengkapi peralatan P3K, Mantel (Raincoat), flysheet, untuk antisipasi.
  7. Berhati-hatilah jika ke lokasi air terjun, sebab nyawa taruhannya karena posisi kita berada di atas air terjun itu sendiri.
  8. Jangan sampai ketinggalan kopi hangat yang akan melengkapi suasana nikmatnya camping di kawasan danau.

Menyenangkan jika camping di Danau Gunung Tujuh seperti berangkat piknik. Jangan mati dulu sebelum datang ke kerinci.



Video:


  Post Terkait


Talang Kemulun

Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun merupakan objek wisata...

Gambaran Umum Kerinci

Gambaran Umum Kerinci

Kabupaten kerinci adalah wilayah yang paling...

Kerinci Valley

Kerinci Valley

Kerinci is a stunning mountain valley tucked away...

Bukit Khayangan

Bukit Khayangan

Bukit yang merupakan rangkaian dari bukit barisan...

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci

Gunung aktif tertinggi di Asia Tenggara dengan...

Leave comment







kami pasti memberikan pelayanan yang terbaik