Gunung Kunyit, Gunung di Kerinci yang Menyimpan Misteri

Gunung Kunyit


Robi Rusman | 2018-02-01, 17:55:56 WIB | 1491 Views

Salah satu hutan yang berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat adalah Gunung Kunyit yang memiliki flora endemik, yaitu jenis Nepenthes inermis. Bukan hanya sebagai hutan, namun di Gunung Kunyit masih banyak satwa yang dilindungi yang terancam punah contohnya Harimau Sumatera. Disamping sebagai hutan lindung, menurut kepercayaan penduduk setempat Gunung Kunyit ini masih berbau mistis dan masih banyak menyimpan cerita rakyat yang hingga saat ini masih dipercayai oleh penduduk sekitarnya.

Gunung Kunyit terletak di Desa Talang Kemuning Kabupaten Kerinci. Meskipun jarang dikunjungi namun sebenarnya tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai surga para peneliti flora dan fauna maupun sebagai tempat kegiatan para Pecinta Alam.

Menurut Cerita, Penamaan Gunung Kunyit itu dikarenakan Belerang yang ada di Gunung ini berwarna kuning, dan menurut cerita lainnya penamaan Gunung Kunyit dikarenakan Penghuni dari Gunung Kunyit ini adalah ‘Ninek Une’ (Nenek Kuning). Gunung ini memiliki nama lain yaitu Bukit Belerang. Konon Pahlawan Kerinci Depati Parbo menjadikan Gunung Kunyit ini sebagai tempat baginya untuk menata batin sembari mendekatkan diri Kepada Tuhan dalam menghadapi Penjajahan di Zaman Belanda.

 

Akses Ke Gunung Kunyit

Untuk mencapai gunung ini, dari kota sungai penuh bisa menggunakan transportasi darat menuju Talang Kemuning dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Pendakian ke gunung kunyit untuk menuju puncak memerlukan waktu sekitar 6 atau 7 jam dari Desa Talang Kemuning.

Beranjak dari sebuah desa yang tergolong nyaman dengan udara yang benar-benar sejuk, berjalan menelusuri desa dan pemukiman warga, butuh waktu 1,5 jam untuk memasuki pintu rimba yang merupakan batas dari TNKS dengan pemukiman warga. Tidak terlalu jauh, kita bisa mendengar suara siamang, burung-burung yang saling sahut menyahut di belantara hutan.

Pemandangan di Perjalanan (Bukit Setangih)

Dalam perjalan menuju puncak hendaknya meningkatkan kewaspadaan karena gunung kunyit juga merupakan kawasan perlintasan harimau sumatera, yang bisa saja mengancam para pendaki. 

Sepanjang rute perjalanan kita bisa menemukan tumbuhan kantung semar, anggrek hutan, lumut-lumut hutan yang tumbuh di segala sesuatu, seperti pada pohon, bebatuan maupun ditanah dan pemandangan pohon-pohon yang menjulang tinggi.

Gunung Kunyit

Kantung Semar

Medan terjal yang mengelilingi kawah, dikombinasikan dengan bau belerang, membuat daerah rawan longsor. Di sini Anda dapat melihat uap dan gas naik keatas langit-langit gunung. Di Gunung Kunyit ditemukan keberadaan sebuah taman alam yang unik. Taman tersebut tertata dengan sendirinya dari pohon-pohon dan tanaman pegunungan di situ. Taman Bidadari ini menjadi daya tarik para pendaki yang membuat mereka tertarik mendaki pegunungan meski jalurnya terbilang berat. Menurut kepercayaan masyarakat setempat gunung itu sejak dulu hingga kini sering dijadikan tempat bertapa bagi para penuntut ilmu supranatural sejak zaman nenek monyang bahkan sampai sekarang masih ada masyarakat melakukan ritual di gunung kunyit.

Taman Dewa Gunung Kunyit

Lokasi: Taman Dewa Gunung Kunyit

 

Tips dan Trik Ke Gunung Kunyit

  1. Lengkapilah semua peralatan sebagaimana yang dibutuhkan seperti tenda, logistik, perlengkapan pribadi.
  2. Bawalah Pemandu dari warga setempat sehingga kita bisa merasakan nyaman saat mendaki.
  3. Dianjurkan membawa tali karena dari Puncak Pandang Gunung Kunyit menuju taman dewa melewati spot yang begitu terjal.
  4. Jangan ambil apapun kecuali gambar, jangan meninggalkan apapun kecuali jejak.



  Post Terkait


Kulit Manis Kerinci

Kulit Manis Kerinci

Herbal yang terpenting dan terkenal di Kerinci...

Air Panas Semurup

Air Panas Semurup

Bukan hanya kaya akan air terjun, danau maupun...

Rawa Bento

Rawa Bento

Jangan lupa mampir di Rawa Bento kalau ke...

Kebun Teh Kayu Aro

Kebun Teh Kayu Aro

Layak Karpet Hijau yang terbentang di kaki Gunung...

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh, Pesona Keindahan di Danau...

Talang Kemulun

Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun merupakan objek wisata...

Leave comment







kami pasti memberikan pelayanan yang terbaik