Kebun Teh Kayu Aro Kerinci, Destinasi Liburan dengan Pesona Alam yang asri

Kebun Teh Kayu Aro


Robi Rusman | 2017-12-30, 20:42:42 WIB | 404 Views

Layak Karpet Hijau yang terbentang di kaki Gunung Kerinci mampu memanjakan mata dengan udara yang sejuk membuat kita selalu terpesona dengan keindahan alam kerinci. Bukan hanya dapat menikmati pemandangan Kebun Teh namun seolah-olah kita mendapatkan bonus pemandangan yang lain seperti Gunung Kerinci yang berdiri dengan gagah.

Kebun Teh kayu aro

 

Mungkin tidak banyak orang kenal teh Kayu Aro yang ditanam di dataran tinggi lereng Gunung Kerinci, Jambi. Padahal, kayu aro merupakan teh terbaik Indonesia. Bahkan, di zaman kolonial, teh Kayu Aro menjadi minuman Ratu Inggris dan Ratu Belanda. Dari Kayu Aro, minuman yang dihasilkan adalah teh ortodox atau teh hitam. Dulu, teh hitam ini berasal dari teh Assam, India. Kelebihan teh hitam ortodox ada pada rasa dan aroma. Keduanya begitu khas. Bahkan, keunggulan ini membuat produsen teh kemasan menjadikan teh Kayu Aro untuk bahan campuran utama untuk memperoleh cita rasa yang diinginkan. Luas perkebunan teh Kayu Aro di lereng Gunung Kerinci mencapai 3.020 Ha. Itu merupakan salah satu hamparan perkebunan teh terluas didunia. Kebun ini terletak di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut (mdpl), hingga 1.600 mdpl. Kebun ini salah satu perkebunan teh tua di Indonesia, yang dibangun pada zaman kolonial Belanda.

Awalnya kawasan ini hanya hutan biasa. Perusahaan Belanda Namlodee Venotchaat Handle Verininging Amsterdam kemudian menyulapnya menjadi perkebunan teh pada 1925 hingga 1928. Pembukaan hutan Kerinci sebagai kebun penanaman teh dilakukan dengan mempekerjakan ratusan kuli kontrak asal Jawa. Proses penanaman teh dimulai pada 1929, sedangkan pabrik teh berdiri tahun 1932. Dari tangan kolonial, pengelolaan perkebunan teh Kayu Aro beralih ke PT Perkebunan Nusantara VI. Hingga kini kebun teh serta pabrik tua peninggalan Belanda masih beroperasi. Untuk menikmati hamparan kebun teh, masyarakat umum dapat langsung datang dan berwisata. Sedangkan bagi pengunjung yang berniat melihat proses pengolahan teh di pabrik Kayu Aro, mereka membutuhkan izin khusus dari perusahaan Nusantara.



  Post Terkait


Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh, Pesona Keindahan di Danau...

Talang Kemulun

Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun merupakan objek wisata...

Gambaran Umum Kerinci

Gambaran Umum Kerinci

Kabupaten kerinci adalah wilayah yang paling...

Kerinci Valley

Kerinci Valley

Kerinci is a stunning mountain valley tucked away...

Bukit Khayangan

Bukit Khayangan

Bukit yang merupakan rangkaian dari bukit barisan...

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci

Gunung aktif tertinggi di Asia Tenggara dengan...

Leave comment







kami pasti memberikan pelayanan yang terbaik