Meningkatkan Kinerja Komputer

Keterangan Gambar : Foto By: Google



Robi Rusman | 2017-12-31, 00:27:01 WIB | 217 Views

Pada zaman sekarang ini banyak sekali kegunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari bahkan menjadi sebuah kebutuhan baik di bidang pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

Dalam menggunakan komputer tentu saja jika peforma komputer tidak maksimal maka akan memperlambat suatu aktivitas. Disini penulis mencoba untuk sharing bagaimana meningkatkan peforma komputer agar speednya ngacirrr. Ini hanya berlaku untuk OS Windows dari Microsoft.

  • Hindari install aplikasi/software yang tidak terlalu penting sehingga hanya menambah resource hardisk anda dan membuat hardisk anda berat.
  • Pastikan semua driver terinstall dengan baik seperti VGA, Sound dsb.
  • Pastikan komputer terbebas dari virus. Banyak sekali antivirus gratis yang bagus beredaran. Rekomendasi pakailah MSE dari microsoft bagi pengguna win 7 dan bit defender bagi pengguna win8 or win10.
  • Masuklah ke Start Menu -> Computer(Klik Kanan) -> Properties -> Advanced System Settings, maka muncul jendela seperti gambar dibawah ini lalu klik Settings.

Komputer

Dan akan muncul lagi jendela baru:

Komputer

Nah, Centang lah bagian-bagian yang perlu saja. terkadang pada setingan default windows terlalu banyak animasi/fade yang tidak terlalu penting sehingga menghambat peforma dan menguras RAM.

  • Kemudian lihat lah bagian Start Up and Recovery

Komputer Komputer

Uncheck yang dilingkar Merah.

  • Buka aplikasi Notepad kemudian copy paste kode ini %windir%system32rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks ke dalam Notepad.

Komputer

Lalu simpanlah dengan nama yang berekstensi bat (Contoh: Pembersih.bat). Kita bisa tinggal mengklik untuk membersihkan temp RAM.

  • Pergunakanlah Software CC cleaner untuk membersihkan registry. Software ini bisa di download di Situs resminya.
  • Shutdown lah Komputer dengan cara yang benar. Jika Komputer mati dalam keadaan terkejut hendaklah check disk. Caranya, Bukalah CMD lalu ketik chkdsk /f ->ketik Y --> enter -> lalu restart lah komputer anda.
  • Defrag hardisk. banyak software untuk mendefrag hardisk atau kita juga bisa menggunakan bawaan dari windows itu sendiri. Caranya, klik kanan salah satu Local Disk Komputer -> Properties -> Tools -> Defragment Now -> Pilih Drive yang ingin di defrag - OK

 

TIPS:

  1. Antivirus diinstal saat komputer/laptop selesai diinstal ulang dalam keadaan bersih dari virus. Kalau antivirus diinstal dalam keadaan virus sudah menyebar ke sistem, kecil kemungkinan sistem pada komputer akan stabil.
  2. Jika cara diatas belum manjur, maka cobalah lakukan reinstal sistem windows anda. Jika belum juga manjur berarti ada kesalahan pada Hardware seperti RAM terlalu kecil atau PSU tak mampu memberikan arus yang stabil dan harus melakukan Upgrade Hardware.



  Post Terkait


Keterkaitan Data Dengan Komputer

Keterkaitan Data Dengan Komputer

Data merupakan salah satu hal utama yang dikaji...

Mikrotik

Mikrotik

Kebutuhan akan akses internet dewasa ini sangat...

Solusi Mengamankan Mikrotik

Solusi Mengamankan Mikrotik

Perangkat dalam internet memiliki IP public...

Mengatasi Windows 7 Gagal Update dengan Error 80248015

Mengatasi Windows 7 Gagal Update dengan Error 80248015

Ada sedikit kekacauan yang dilakukan Microsoft...

Leave comment







kami pasti memberikan pelayanan yang terbaik