Upacara Sembah Muntaing, Salah satu Kebudayaan yang ada Kerinci


Robi Rusman | 2018-02-17, 17:01:54 WIB | 222 Views

Berbicara tentang kerinci memang tak ada habisnya membahas masalah pariwisata dan seni Kebudayaan nya. Salah satu tradisi adat (Seni Budaya) yang ada di Kerinci adalah Upacara Sembah Muntaing. Upacara ini  merupakan prosesi terhadap pasangan muda mudi pangantin, acara Sembah Muntaing (Muntin) atau lengkapnya disebut ‘Simpuh Sembah’ pengantin, masanya adalah satu tahun atau paling lama dua tahun setelah sepasang muda mudi melakukan akad nikah. Acara ini dilakukan secara masal oleh pasangan yang telah melakukan akad nikah kurun waktu 1-2 tahun terakhir.

Upacara ritual ini biasanya dilakukan pada saat bersamaan dengan kenduri sudah menuai (selesai panen) pada setiap tahunnya. Upacara ini mirip dengan acara wisuda mahasiswa Perguruan Tinggi. Setiap pengantin baru membawa ‘Cerano’ berisi sirih pinang, membawa mangkuk berisi beras kunyit, sebagai sarana simpuh sembah kepada tetua adat, depati ninik mamak.

Para pengantin selanjutnya diarak dari lapangan menuju Umoh Gdeang (Rumah Besar), dalam perjalanan mereka melantunkan syair salawat nabi, di rumah besar dilakukan acara doa dan makan bersama, setelah acara makan bersama acara dilanjutkan dengan simpuh sembah pengantin kepada depati Ninik Mamak dan Alim Ulama. Simpuh sembah ini dilakukan dengan berjalan diatas lutut yang didahului oleh pengantin wanita yang diikuti mempelai pria, pada acara itu kaum ibu-ibu pengantin mendengarkan lagu shalawat nabi, mereka menaburkan beras kunyit ke tubuh kedua mempelai sebagai tanda restu dari kaum adat dan sembah telah dilaksanakan, dengan selesainya acara tersebut maka sah lah pengantin pria menjadi ‘Anak Batino’ atau anak buah desa menurut adat istiadat yang berlaku, acara ini hanya terdapat di Desa Semerap Kecamatan Keliling Danau dan Desa Sungai Liuk Kota Sungai Penuh, bedanya di Desa Sungai Liuk disebut ‘Mulang Cucoung (Mengembalikan Cucu)’.

Semoga Kebudayaan yang ada tetap dilestarikan dan tidak punah di telan zaman.



  Post Terkait


Suku Kerinci

Suku Kerinci

Kerinci merupakan salah satu pusat peradaban...

Tabuh Larangan

Tabuh Larangan

Kerinci sejak zaman dahulu dikenal dengan...

Air Terjun Pancaro Rayo

Air Terjun Pancaro Rayo

Memang wajar jika Kerinci dijuluki sebagai negeri...

Danau Duo

Danau Duo

Danau Kerinci, Danau kaco, Danau Lingkat, masih...

Pesona Bukit Tabing

Pesona Bukit Tabing

Masih ada lagi yang menggoda, membuat ngiler,...

Lintasan Sejarah Kerinci

Lintasan Sejarah Kerinci

Pembentukan bangsa indonesia adalah akibat...

Leave comment







kami pasti memberikan pelayanan yang terbaik